IKSPI Kera Sakti Awali Pembongkaran Tugu Perguruan Silat , Bagaimana dengan yang lain !!!

Imbauan Kesbangpol Jatim terkait pembongkaran tugu perguruan silat di seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur mulai ditindaklanjuti oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Banyuwangi. Dari 36 tugu, sebagian sudah dibongkar secara mandiri.
Salah satunya tugu milik perguruan silat Kera Sakti yang berdiri di Kecamatan Kalipuro. Tugu yang berdiri di fasilitas umum (fasum) tersebut dibongkar secara mandiri. ”Baru ada satu tugu yang dibongkar secara mandiri, tugu tersebut milik perguruan silat Kera Sakti,” ujar Kepala Bakesbangpol Banyuwangi Mohammad Lutfi.

Lutfi memaparkan, ada 36 tugu perguruan silat yang berdiri di seluruh wilayah Banyuwangi. Perinciannya, 30 tugu berdiri di lahan pribadi dan 16 tugu di area fasum maupun lahan milik negara. 

Wakil Ketua Cabang Ikatan Kera Sakti (IKS) Banyuwangi Wardono mengatakan, pihaknya akan menaati aturan hukum yang berlaku. Semua tugu milik Kera Sakti akan ditertibkan secara menyeluruh.

Wardono mengatakan penertiban tugu tersebut diharapkan semakin menumbuhkan kedewasaan pada masing-masing perguruan silat. Sebab, tumbuh kembangnya suatu organisasi tidak dilandasi adanya tugu. ”Tugu hanya menjadi simbol saja,” imbuhnya.

Humas Media dan Publikasi PC Pagar Nusa Banyuwangi Rizki Alfian Restiawan mengatakan, pihaknya sudah menerima surat dari Kesbangpol Jatim terkait imbauan pembongkaran tugu perguruan silat. ”Jika memang sudah menjadi kesepakatan bersama seluruh pihak, termasuk para ulama Nahdlatul Ulama (NU), kami siap tanpa pikir panjang,” katanya.

Sebagaimana diketahui, Pemprov Jatim telah mengeluarkan surat penertiban tugu perguruan silat di seluruh Jawa Timur. Surat Bakesbangpol Jatim bernomor 300/5984/209.5/2023 tersebut disampaikan kepada Ketua Ikatan Perguruan Silat Indonesia (IPSI).

Tugu dinilai jadi salah satu pemicu konflik antarperguruan silat karena kerap kali dianggap mencitrakan salah satu perguruan silat sebagai penguasa wilayah tersebut. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bangil heboh 5 Pengedar di Bangil Pasuruan Oplos Sabu dengan Bahan Kimia Kelurahan Kresikan, Kecamatan Bangil.

Pesilat PSHT di Gresik Tewas Ditendang Pelatih Saat Latihan, Alami Luka Memar di Dada

Pelantikan dan Ujian Kenaikan Tingkat Warga IKS. PI Kera Sakti dilapangan Sidodadi Rt 05 Rw 02 Kel. Pogar Kec. Bangil Kab.Pasuruan