Jadwal Puasa Ramadhan 2023, Tanggal Versi Pemerintah, Muhammadiyah dan NU.

Jadwal puasa Ramadhan 2023 menjadi pertanyaan sebagian besar masyarakat di Indonesia. Saat ini umat muslim sudah berada di akhir bulan Syaban dan segera menjelang bulan Ramadhan.
Namun, di Indonesia sudah menjadi kelumrahan adanya perbedaan awal bulan hijriah. Termasuk bedanya awal bulan Ramadhan. Sempat terjadi sebagian muslim di Indonesia sudah mulai puasa sementara yang lainnya belum. Hal ini juga berimbas pada penentuan hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha.

Contohnya pada puasa Ramadhan 1443 H atau tahun 2022 lalu. Sebagian muslimin ada yang sudah puasa di tanggal 2 April 2022. Sementara pemerintah menetapkan awal Ramadhan jatuh pada keesokan harinya, 3 April 2022.


Dikutip dari laman resmi Kementerian Agama Republik Indonesia, jadwal puasa Ramadhan yang berbeda terjadi lantaran adanya perbedaan dalam memahami nash (dalil) dan metode pengambilan hukumnya (istinbath).

Lalu bagaimana dengan jadwal puasa Ramadhan 2023?

Apakah tanggal 1 Ramadhan 2023 atau 1444 Hijriah tahun ini akan berbeda? Seperti dikutip dari detikHikmah, kemungkinan besar umat Islam akan berbarengan menjalankan puasa Ramadhan 2023. Ini disampaikan oleh Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Syamsul Anwar.

"Untuk Ramadhan besok, menurut perhitungan di atas kertas Insya Allah sama di seluruh Indonesia," paparnya dalam konferensi pers Maklumat PP Muhammadiyah tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, Zulhijah 1444 H, dikutip dari detikHikmah,

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bangil heboh 5 Pengedar di Bangil Pasuruan Oplos Sabu dengan Bahan Kimia Kelurahan Kresikan, Kecamatan Bangil.

Pesilat PSHT di Gresik Tewas Ditendang Pelatih Saat Latihan, Alami Luka Memar di Dada

Pelantikan dan Ujian Kenaikan Tingkat Warga IKS. PI Kera Sakti dilapangan Sidodadi Rt 05 Rw 02 Kel. Pogar Kec. Bangil Kab.Pasuruan